Tips Saat Mencoba Menyampaikan Ide Kreatif di Kantor

Pekerjaan hampir menjadi hal yang biasa bagi kita setiap hari. Terkadang pekerjaan yang kita lakukan setiap hari bisa sangat menarik namun terkadang pekerjaan bisa diisi dengan kebosanan atau kebosanan. Apakah ini masuk akal? Ya, tentu saja ini adalah hal yang sangat alami! Semua orang pasti melewati tahap ini.

Di pagi hari kami pergi ke tempat yang sama, bertemu orang yang sama dan melakukan hal yang sama setiap hari. Jadi siapa yang tidak bosan dengan rutinitas ini? Namun, meski ada kalanya kita merasakan hal yang tidak menyenangkan tersebut. Jangan pernah melupakan berbagai hal menyenangkan yang pernah Anda alami di tempat yang sama.

Salah satunya adalah ketika Anda mendapatkan respon positif dan antusias dari rekan kerja dan atasan Anda terhadap ide-ide kreatif yang Anda berikan. Apakah Anda masih ingat bagaimana perasaan Anda saat itu? Ya, segala kebanggaan, kegembiraan dan kebahagiaan memenuhi dada. Salah satu tantangan yang kita hadapi dalam bekerja adalah bagaimana memotivasi diri kita untuk lebih baik dalam berpikir kreatif.

Menjadi kreator memang tidak mudah. Kita harus berpikir di luar kotak atau kata kerennya adalah "di luar kotak"; Apakah ini mudah? sama sekali tidak! Dibutuhkan banyak pengetahuan dan wawasan untuk berpikir kreatif. Yang paling menyedihkan adalah ketika kalian sudah memiliki ide-ide kreatif yang berbeda dari yang lain, tetapi Anda merasa takut dan ragu untuk menyampaikannya di depan rekan kerja atau atasan Anda.

Jika Anda salah satu dari orang-orang yang menghadapi masalah karena berbagai alasan, untuk mengkomunikasikan ide kreatif Anda, artikel ini sangat cocok untuk Anda. Kami akan membantu orang yang Anda cintai untuk mengkomunikasikan ide-ide kreatif di kantor. Jangan terkubur lagi, mari belajar bersama untuk berani melangkah maju dengan mengangkat pikiran!

1. Persiapkan diri Anda sebaik mungkin

persiapan
Sumber: hosporasources.com

Hal pertama yang harus Anda lalui adalah mempersiapkan diri sebaik mungkin. Ingat, hasil tidak mengkhianati usaha. Anda tidak hanya mempersiapkan semua informasi yang berkaitan dengan ide yang akan Anda sampaikan, tetapi juga persiapan mental! Yah, kita sering tertinggal bukan karena kita kekurangan informasi atau kurang canggih dari pesaing kita, tetapi karena kita tidak sesuai dengan pemikiran.

Jika semua informasi sudah siap, Anda harus meyakinkan diri sendiri bahwa ide Anda layak untuk didengar! Bahwa Anda dapat melakukan apa saja dan bahwa Anda tidak kalah hebat dari pesaing Anda - ya, selalu ingat untuk tersenyum, oke!

2. Selalu spesifik

Berorientasi pada detail-2
Sumber: findaudit.org

Jadilah orang yang detail atau perhatikan bahkan hal-hal terkecil. Beberapa orang sering mengalami ini karena mereka fokus pada hal-hal yang lebih besar. Tidak ada yang hebat yang bisa ada tanpa hal-hal kecil, temanku! Jelaskan ide Anda sedetail, sejelas dan sesingkat mungkin.

Jangan beri tempat untuk kegelapan; Dengan begitu, semua orang mendapatkan apa yang Anda inginkan, maksud, dan arah pikiran Anda.

3. Jangan rumit

solusi-solusi-tarik-twist-kabel-memperbaiki-gaya-solusi
Sumber: freepik.com

Jangan pernah menggunakan bahasa yang terlalu rumit dan sulit dipahami. Orang cerdas tidak terlalu memperumit kata-kata, tetapi membuatnya sangat sederhana. Nah, bukan hanya karena Anda ingin terlihat bagus, tetapi juga karena Anda menggunakan bahasa yang sangat "tinggi".

Alih-alih menghasilkan lebih banyak uang, Anda bisa menjadi pasangan! Asalkan arah ide atau gagasan Anda tersampaikan dengan baik, itu sudah cukup.

4. Kendalikan emosimu

Bangun harga diri Anda
Sumber: media.com

Kami telah menyebutkan sebelumnya bahwa kami tidak boleh kehilangan perasaan kami. Ya, belajar mengendalikan diri dengan mengendalikan emosi. Jangan merasa rendah diri dan cobalah untuk membangun kepercayaan diri!

5. Bangun hubungan yang aktif

Banyak bicara
Sumber: ytimg.com

Selalu ingat, percakapan yang baik adalah percakapan dua arah. Pastikan Anda memberikan ruang bagi kolega dan atasan Anda untuk bertanya dan terhubung dengan teman. Jika Anda tidak mengerti apa yang Anda maksud, jelaskan dan selalu sambut pendapat orang lain - selalu ingat untuk menggunakan bahasa yang sopan!

6. Fokus pada inti ide

Kerja-dalam-untuk kelompok
Sumber: wp.com

Fokus pada poin utama proposal Anda. Membahas hal-hal yang terlalu besar hanya akan membuat presentasi Anda melayang tanpa mengenai target - parahnya, Anda akan melupakan esensi dari ide Anda sendiri. Jangan sampai terjadi ya teman-teman!

7. Gunakan contoh

Misalnya
Sumber: liberaldictionary.com

Tahukah Anda bahwa lebih mudah bagi orang untuk memahami sesuatu ketika dijelaskan dengan contoh nyata? Mengapa tidak menggunakan metode yang sama untuk mempresentasikan ide Anda? Hmmm… pasti hasilnya keren banget!

8. Contoh ide

Ide demonstrasi
Sumber: Futurecdn.net

Ibarat buku bacaan, bukankah kita akan terburu-buru memahami makna cerita jika kita punya contoh untuk menjelaskan dan melengkapi bacaan? Ya, itu sama dengan ide. Ide menjadi lebih menarik dan hidup dengan contoh.

9. Kuasai levelnya

Di bawah sorotan
Sumber: verywellmind.com

Tapi tidak ada platform di kantor? Tidak, yang kami maksud di sini adalah mengetahui bahwa Anda adalah bintang presentasi. Anda adalah bintang dalam sorotan! Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk menunjukkan bahwa Anda layak didengar!

10. Bersikaplah sportif

Jadilah olahragawan
Sumber: orami.co.id

Semua permainan memiliki pemenang dan pecundang. Jika Anda sudah melakukan yang terbaik dan hasilnya menunjukkan sesuatu yang berbeda, tidak perlu bersedih. Tetap profesional dan tetap jaga sportivitas.

Terima semua kritik dan masukan, lalu mundur karena ini bukan kesempatan terakhirmu kawan. Satu hal yang pasti hanya orang dewasa yang bisa menjadi olahragawan sampai akhir.

Tidak ada komentar untuk "Tips Saat Mencoba Menyampaikan Ide Kreatif di Kantor"