Tips Mengerjakan Skripsi Tepat Waktu Ala Alumni

Tips Mengerjakan Skripsi - Setelah Anda mengikuti dan mengikuti semua mata kuliah serta memenuhi kewajiban KKN di beberapa perguruan tinggi, kini saatnya mengerjakan skripsi atau tesis mahasiswa. Mendengarnya saja bisa membuat siswa mual.

Apakah Anda salah satu siswa di tahap akhir ini? Masih bingung harus mulai dari mana dan masih memikirkan topik yang ingin disampaikan? Tidak dapat dipungkiri, proses penulisan disertasi memang merupakan salah satu masa yang paling ditakuti dan ditakuti oleh sebagian besar mahasiswa, sehingga banyak mahasiswa yang gagal mendapatkan gelar sarjana karena tidak mampu bertahan untuk menyelesaikan skripsi. Apakah Anda salah satunya? Jika demikian, lanjutkan membaca artikel ini untuk memudahkan proses penulisan disertasi Anda.

tesis
Sumber: StartupStockFoto dari Pixabay

Perlu Anda ketahui, pada dasarnya mengerjakan skripsi tidak begitu sulit dan menakutkan. Ada teknik khusus yang dapat Anda gunakan untuk memastikan tesis Anda siap tepat waktu dan Anda dapat bernapas lega.

Jangan biarkan diri Anda kewalahan saat menulis disertasi Anda dan pastikan Anda tidak memiliki rencana untuk mengambil langkah ilegal yang merugikan supervisor Anda, seperti mahasiswa yang bertahan hidup. Bukan gelar sarjana, melainkan gelar kejahatan. Simak beberapa tips ampuh berikut ini untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

Tulis tema favorit dan mudah diteliti

Proses memilih jurusan kuliah tidak jauh berbeda dengan hal-hal dasar yang perlu Anda lakukan dalam proses penyusunan skripsi. Menyelesaikan topik disertasi yang dipilih akan membuat Anda merasa senang dan ikhlas serta tidak akan menganggapnya sebagai beban yang berat.

Pastikan topik yang dipilih memiliki data yang mudah didapat di lapangan dan tidak sulit untuk dikumpulkan. Coba lihat penelitian sebelumnya atau tesis senior di kampus. Anda juga harus mencari isu-isu terkini yang membuat tesis menarik untuk diteliti.

Menetapkan tujuan dan menulis tesis

Tips selanjutnya terkait dengan tujuan Anda menulis disertasi dan tentunya untuk lulus dan mendapatkan gelar sarjana bukanlah jawaban yang tepat untuk pertanyaan ini. Jika Anda seorang idealis, Anda pasti berharap bahwa tesis yang ditulis akan berkontribusi pada kemajuan ilmu pengetahuan dan sebagainya. Sebaliknya, coba pikirkan apakah Anda bisa mendapatkan sesuatu yang bermanfaat setelah menyelesaikan tesis ini.

SPP geser dan tempel foto impian

Tidak sedikit siswa yang berhasil menerapkan metode ini. Kedengarannya gila, tetapi jangan meremehkan dampaknya terhadap disertasi Anda. Coba tempelkan slip spp di depan meja belajar, papan pengumuman, cermin, tempat tidur, lemari es dan lain-lain. Anda bisa mengingat perjuangan orang tua dengan menempelkan buku pelajaran, lalu membayar uang sekolah yang tidak sedikit.

Selain itu, memposting foto impian juga merupakan solusi yang valid misalnya foto pacar, tujuan di kampus, negara yang ingin dikunjungi, konser yang ingin dilihat, pekerjaan dan lain-lain. Ini bisa menjadi semacam pengingat untuk memotivasi Anda menyelesaikan esai sesegera mungkin.

Baca juga: 7 Tips untuk Lansia

Beri diri Anda hadiah dan hukuman

Salah satu tips paling efektif adalah memberi penghargaan pada diri sendiri ketika Anda mencapai tujuan yang telah ditentukan, alih-alih menghukum diri sendiri ketika tidak. Misalnya, melakukan kegiatan akhir pekan, menonton film, pergi ke kafe, dll. Bisa menjadi hadiah kecil untuk mendorong disertasi.

Sebaliknya, jika tidak bisa memenuhi target, cobalah menghukum diri sendiri, misalnya memberi uang jajan dan sebagainya. Jangan terlalu memaksakan diri dan pastikan untuk selalu menggunakan semua hal yang menyenangkan dan menarik sebagai motivasi dan tips untuk mengerjakan skripsi yang paling efektif.

Tidak ada komentar untuk "Tips Mengerjakan Skripsi Tepat Waktu Ala Alumni"