Jenjang Karir Jurusan Matematika

Ada banyak prospek karir untuk akuntan. Di dunia nyata, siapapun yang menekuni sains sebagai ilmu dasar memiliki peluang besar untuk bekerja di berbagai bidang, terutama yang mengandalkan perhitungan dan ketelitian tinggi. Berikut adalah beberapa di antaranya:

Matematika
Sumber: Gerd Altmann dari Pixabay

Ahli komputer

Di era digital ini, segala sesuatu seolah-olah sudah terkomputerisasi. Segala sesuatu yang dulu dilakukan oleh tangan manusia kini dapat digantikan oleh komputer, seperti proses pendaftaran siswa atau ujian kelulusan siswa. Nah, agar komputer bekerja seperti ini, sebuah algoritma perlu diimplementasikan, dan orang-orang yang pandai aljabar dan logika matematika tingkat lanjut bisa melakukannya. Mereka adalah lulusan matematika.

Baca juga: 5 Akuntan Terbaik

Ahli statistik

Saat ini, ahli statistik sangat dibutuhkan di berbagai institusi. Ini tidak hanya menganalisis segala sesuatu yang terjadi tetapi juga memprediksi kemungkinan masa depan. Apalagi seorang ahli statistik bisa membawa peluang besar di masa depan.

Tak heran jika para ahli statistik dibutuhkan di segala bidang pekerjaan. Sebenarnya, statistik dan matematika adalah dua ilmu yang berbeda. Namun, untuk menguasai statistika seseorang harus memiliki pengetahuan matematika yang tinggi. Karena pada dasarnya statistika sendiri merupakan ilmu matematika terapan. Segala hal yang berkaitan dengan pengolahan dan analisis data selalu dihitung berdasarkan matematika. Dengan kata lain, untuk menjadi ahli statistik, seseorang juga harus pandai matematika.

Guru

Dunia kerja ini adalah salah satu peluang karir yang paling terkenal bagi lulusan matematika. Bahkan, banyak orang berpikir bahwa ini adalah satu-satunya peluang kerja bagi lulusan sains sejati. Karena di kelas matematika harus mempersiapkan matematika dasar dan berbagai rumus matematika yang harus diketahui oleh generasi penerus. Dengan belajar matematika, seseorang dapat mengajarkan pengetahuan tersebut kepada orang lain.

Aktuaris

Jelas, ini adalah karir tunggal yang paling menguntungkan bagi lulusan akuntansi. Karena gaji yang dijanjikan untuk pekerjaan ini sangat besar, yaitu 50 hingga 100 juta per bulan. Tak heran jika banyak orang berlomba-lomba untuk profesi ini. Namun, apa sebenarnya karir yang sedang bergerak? Aktuaris adalah profesi yang menuntut seseorang untuk menganalisis secara akurat masalah terkait asuransi.

Dalam pekerjaan ini, seseorang bersentuhan dengan banyak data dan berpikir dengan cermat dan akurat untuk menemukan solusi berdasarkan data tersebut. Dan untuk melakukan pekerjaan ini dengan baik, persediaan pengetahuan matematika diperlukan. Sebenarnya, tidak hanya matematika, seseorang perlu fasih berbahasa Inggris, ilmu statistik dan pengetahuan keuangan yang kuat untuk bekerja di bidang ini.

Ini adalah beberapa bidang karir yang dapat ditempuh oleh lulusan akuntansi. Padahal, ada banyak pekerjaan yang menjanjikan seperti arsitektur, pegawai negeri, astronom, bankir, peneliti, dll.

Baca juga: Mengenal Kelas Matematika

Cukup menjanjikan, bukan? Nah, jika selama ini kamu ragu-ragu untuk masuk jurusan matematika, apakah masih ada rasa ragu setelah mengetahui banyaknya peluang kerja bagi lulusan matematika? Ingat, pada dasarnya semua aspek kehidupan selalu berkaitan dengan rumusan atau teori ilmu eksakta ini. Dengan kata lain, jika Anda berhasil lulus dengan gelar akuntansi, Anda dijamin tidak akan menganggur. Ada banyak prospek karir untuk jurusan matematika.

Tidak ada komentar untuk "Jenjang Karir Jurusan Matematika"