Hati-hati Terhadap Penipuan Lowongan Kerja Satu Ini

Mendapatkan panggilan untuk wawancara adalah hal yang pasti. Merasa bahagia atau terpisah untuk pencari kerja. Apalagi pekerjaan itu sudah lama diminati. Namun, akhir-akhir ini banyak oknum tidak bertanggung jawab yang ingin mencari untung dengan mengatasnamakan wawancara kerja palsu.

Agar tidak terjebak dalam situasi penipuan, kami akan berbicara secara rinci tentang cara memverifikasi perusahaan yang sebenarnya.

Waspadalah terhadap pekerjaan palsu

Waspadalah terhadap pekerjaan palsu
Sumber: Lebens-lauf dari Pixabay

Peningkatan jumlah situs portal pekerjaan saat ini menyediakan ruang khusus bagi entitas jahat untuk melakukan pekerjaan mereka.

Dengan menarik lalu lintas pengunjung, situs portal pekerjaan baru mencari lowongan pekerjaan sebanyak mungkin.

Umumnya website portal lowongan kerja online memiliki SOP standar tersendiri untuk verifikasi perusahaan/pengusaha yang ingin menampilkan lowongan kerja di situsnya.

Biasanya perusahaan diharuskan menunjukkan salinan beberapa dokumen izin perusahaan termasuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP/NIB) hingga NPWP perusahaan.

sekarang juga,Sayangnya, beberapa situs portal pekerjaan baru telah melonggarkan persyaratan ini sampai batas tertentu karena mereka bertujuan untuk mengumpulkan data terbuka sebanyak mungkin untuk meningkatkan lalu lintas pengunjung situs.

Celah ini terkadang digunakan oleh orang-orang untuk masuk dan mulai memancing. Ini tidak berarti bahwa sebagian besar situs portal pekerjaan baru berbahaya. Tentu saja, ada banyak lowongan pekerjaan asli di luar sana, kita hanya perlu jeli untuk mengetahui perbedaannya.

Ketahui perusahaan tempat Anda melamar

Ketahui perusahaan tempat Anda melamar
Sumber: Free-Photos dari Pixabay

Hindari bersikap acak saat melamar pekerjaan - cukup kirim CV. Mari jadi pencari kerja yang cerdas agar terhindar dari penipuan. Selalu perhatikan langkah-langkah berikut untuk memeriksa iklan pekerjaan asli.

Pertama, identifikasi perusahaan yang Anda lamar dengan memeriksa kembali profil perusahaan di situs web resmi. Jika Anda menemukan situs web resmi perusahaan, cocokkan profil perusahaan dengan informasi yang relevan di situs portal pekerjaan yang ada.

Cari bagian karir di situs web perusahaan. Biasanya bagian ini sebagian besar tersembunyi di bagian bawah halaman web dalam teks kecil. Setelah Anda menemukannya, Anda dapat mencocokkan lowongan di sana dengan portal pekerjaan.

Jika Anda tidak menemukan bagian tersebut, Anda bisa mencocokkan data alamat resmi perusahaan dengan alamat yang tertera di company profile di iklan lowongan kerja.

Jika Anda masih ragu, coba telepon atau email layanan pelanggan perusahaan dan tanyakan tentang lowongan pekerjaan di portal pekerjaan.

Perusahaan belum mengumumkan tingkat gaji kepada publik.

Perusahaan belum mengumumkan tingkat gaji kepada publik.
Sumber: Capri23auto dari Pixabay

Selain standar sertifikasi perusahaan di atas, hal penting yang harus diperhatikan adalah gaji. Gaji adalah masalah serius dalam Kode Etik.

Oleh karena itu, ketika sebuah perusahaan membuka iklan lowongan pekerjaan tertentu, tidak memberikan informasi gaji secara jelas. Apalagi posisinya sangat strategis.

Mereka umumnya hanya memberikan perkiraan kisaran gaji untuk posisi pekerjaan.

Jika Anda memasang iklan di portal lowongan kerja online, rentang tersebut tidak akan muncul di kolom deskripsi. Biasanya muncul di kolom kisaran gaji pada lamaran kerja.

Jika Anda menemukan gaji tetap dalam deskripsi pekerjaan atau persyaratan aplikasi, Anda dapat mulai mempertanyakan lowongan tersebut. Apalagi dibuka oleh perusahaan ternama dengan persyaratan sederhana untuk berbagai lowongan.

Kecuali untuk acara khusus, perusahaan melakukan rekrutmen skala besar. Selain itu, lowongan pekerjaan palsu seringkali berupa angka menarik yang mencantumkan informasi gaji tetap untuk setiap posisi dan kualifikasi yang sangat sederhana.

Periksa persyaratan masuk pekerjaan dengan hati-hati

Periksa semua persyaratan masuk pekerjaan dengan hati-hati
Sumber: Foto stok gratis dari www.picjumbo.com dari Pixabay

Beberapa iklan pekerjaan palsu seringkali menawarkan persyaratan yang longgar untuk mendapatkan posisi yang baik. Perhatikan hubungan antara posisi terbuka dan persyaratan. Secara umum, semakin tinggi jabatan, semakin tinggi persyaratan dan praktik kerja terkait.

Jadi jika Anda menemukan lowongan untuk manajer atau asisten manajer dengan persyaratan sederhana. Misalnya, hanya butuh 1 tahun pengalaman kerja dan tidak ada keahlian khusus, Anda harus curiga dengan lowongan tersebut.

Selain tips, secara umum (namun tidak terbatas pada, karena setiap perusahaan memiliki kriteria tersendiri), jenjang jabatan dengan persyaratan umum jabatan di perusahaan tersebut adalah sebagai berikut.

  • Staf biasanya terbuka untuk lulusan baru atau pelamar baru tanpa pengalaman.
  • Seorang karyawan senior biasanya membutuhkan setidaknya 1 tahun pengalaman di posisi yang sama
  • Supervisor biasanya membutuhkan setidaknya 1-2 tahun pengalaman di posisi yang sama
  • Seorang asisten manajer biasanya membutuhkan setidaknya 2-5 tahun pengalaman di posisi yang sama
  • Manajer biasanya membutuhkan lebih dari 3 tahun pengalaman di lapangan dan setidaknya 1-2 tahun pengalaman sebagai supervisor atau asisten manajer.

Ketahui email resmi perusahaan

Ketahui email resmi perusahaan
Sumber: Gerd Altmann dari Pixabay

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi email yang tertera pada informasi lowongan kerja. Selalu perhatikan alamat email aplikasi di notifikasi.

Sebagian besar perusahaan resmi perlu memperkuat branding mereka dan juga legitimasi perusahaan sebagai alamat domain pribadi. Misalnya, PT Maju Jaya Sejahtera biasanya memiliki alamat email seperti hrd@majujayasejahtera.com atau perwakilan lain dari perusahaan mereka.

Hati-hati jika alamat email yang tercantum menggunakan alamat domain gratis seperti hrd.majujayasejahtera@gmail.com atau recruitment.majujayasejahtera@yahoo.com.

Tentu saja kita harus mempertimbangkan apakah perusahaan tersebut merupakan perusahaan besar di industri atau tidak. Perusahaan besar menghindari penggunaan alamat domain gratis sebanyak mungkin untuk memperkuat branding atau citra diri mereka.

Namun, tidak semua undangan wawancara yang menggunakan alamat domain gratis adalah penipuan. Beberapa perusahaan kecil yang belum mengikuti kemajuan teknologi masih menggunakan email gratis.

Untuk itu, Anda bisa mulai browsing website perusahaan terlebih dahulu untuk metode verifikasi email pertama.

Misalnya, jika Anda melihat bahwa perusahaan yang mengundang memiliki situs web pribadi, itu berarti mereka juga harus memiliki domain email pribadi.

Jadi jika alamat email undangan Anda menggunakan domain gratis di Internet tempat situs web resmi perusahaan berada, Anda dapat memastikan bahwa undangan tersebut adalah penipuan.

Ada hal lain yang perlu mendapat perhatian. Terkadang perusahaan besar menggunakan vendor atau pihak ketiga dalam proses seleksi karyawan baru mereka.

Pihak ketiga ini biasanya digunakan oleh perusahaan untuk melakukan proses seleksi karyawan baru, bahkan untuk beberapa jabatan dikenal dengan istilah outsourcing.

Dalam proses rekrutmen yang dilakukan oleh pihak ketiga, pengirim undangan biasanya memberikan informasi sedetail mungkin agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Mereka memperkenalkan diri sebagai perwakilan resmi yang ditunjuk untuk mempekerjakan pekerja untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja klien mereka.

Tentu saja, layanan rekrutmen menggunakan email resmi perusahaan mereka dan menghindari penggunaan domain email gratis untuk melindungi integritas perusahaan mereka.

Pastikan tidak ada biaya terkait proses seleksi masuk perusahaan selain kebutuhan pribadi

Pastikan tidak ada biaya terkait proses seleksi masuk perusahaan selain kepentingan pribadi
Sumber: Selamat datang semuanya dan terima kasih telah berkunjung! Dari Pixabay

Langkah verifikasi selanjutnya adalah memverifikasi bahwa tidak ada pembayaran dari perusahaan atau instansi yang ditunjuk oleh perusahaan.

Dalam kebanyakan kasus, proses rekrutmen tidak boleh membebani pelamar dengan biaya apa pun, terutama jika agen tersebut adalah lembaga pemerintah. Hal ini diatur secara jelas dalam Pasal 36, 37 dan 38 Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia (UUK) 2003.

Salah satu penipuan yang paling umum adalah menunjuk agen perjalanan tertentu untuk merawat peserta dalam proses seleksi perusahaan. Yang harus diperhatikan dalam hal ini adalah jika peserta pertama kali diminta untuk membayar akomodasi selama proses rekrutmen.

Setelah proses rekrutmen selesai melalui sistem refund, pembayaran dijanjikan akan dikembalikan oleh perusahaan. Dalam praktiknya, setelah kami mentransfer jumlah akomodasi, tidak mungkin untuk segera menghubungi agen perjalanan.

sekarang juga,Kemudian, jika Anda tidak menemukan mode yang disebutkan sebelumnya, langkah selanjutnya untuk konfirmasi perusahaan adalah langsung ke waktu janji temu.

Berpikir untuk menghadiri wawancara kerja nyata, tentu saja. Pada dasarnya, wawancara adalah proses bilateral di mana perusahaan dan calon karyawan saling mengkonfirmasi.

Berusaha seprofesional mungkin dengan mengenakan pakaian formal yang sesuai dengan karakteristik perusahaan dan jabatan. Dekati proses wawancara dengan sopan dan serius.

Kami tegaskan sekali lagi bahwa selama masa rekrutmen, pencari kerja tidak dipungut biaya apapun terkait proses seleksi, kecuali untuk tugas pribadi.

Bahkan saat ini, adalah praktik umum untuk menyontek atas nama wawancara kerja. Anda mendapatkan kantor atau kadang-kadang bahkan...

Tidak ada komentar untuk "Hati-hati Terhadap Penipuan Lowongan Kerja Satu Ini"