3 Tips Agar Tidak Salah dalam Memilih Jurusan

Banyak orang ingin tips memilih baju renang terbaik untuk mereka karena mereka tidak ingin membuat pilihan yang salah untuk masa depan mereka. Ya, perguruan tinggi adalah salah satu hal yang menentukan masa depan, jadi guru perguruan tinggi tidak boleh dipilih secara sembarangan. Tidak mau salah pilih jurusan? Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

1. Lakukan riset tentang jurusan

Sebuah survei utama
Sumber: cohetes.org

Memutuskan jurusan kuliah bukan hanya tentang memilih jurusan yang akan membantu Anda mendapatkan pekerjaan di masa depan, mengapa? Karena seperti yang disebutkan sebelumnya, memilih jurusan perguruan tinggi menentukan masa depan Anda, Anda tidak hanya akan menghabiskan waktu Anda mempelajari bidang itu di perguruan tinggi, tetapi juga jalur karir masa depan Anda.

Hal ini dikarenakan perusahaan saat ini lebih memilih orang yang memahami bidang pekerjaan dibandingkan dengan orang biasa, sehingga mereka lebih memilih untuk menggunakan calon karyawan sesuai dengan bidang pekerjaan di perusahaannya. Jadi, ketika Anda lulus dan bekerja, Anda pasti akan kembali terlibat dalam dunia yang Anda pelajari selama kursus.

Baca juga: Prospek pekerjaan Departemen Ekonomi

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang apa yang harus dipelajari di perguruan tinggi. Anda dapat menemukan ini hanya dengan melakukan survei tentang inti Anda. Anda dapat melakukan penelitian ini dengan mencari asosiasi seluas mungkin atau dengan masuk ke forum yang terkait dengan jurusan yang ingin Anda ikuti.

2. Jangan fokus pada masalah SMA

Pelajaran SMA
Sumber: smadwiwarna.sch.id

Beberapa lulusan perguruan tinggi fokus pada nilai kursus yang mereka ambil. Ini tentu bisa berhasil bagi sebagian orang, tetapi bagi orang lain itu bukan saran yang berguna untuk memilih jurusan yang tepat.

Misalnya, jika Anda memiliki nilai biologi yang bagus di sekolah menengah, apakah kedokteran merupakan jurusan yang tepat untuk Anda? Tidak selalu! Dokter hanya membutuhkan ingatan yang baik dan pengetahuan biologi yang baik. Dalam mempelajari kedokteran, Anda perlu membuat keputusan dan memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Juga, belajar untuk ujian biologi sangat berbeda dengan belajar biologi.

Banyak belajar dan tentu saja sangat membingungkan. Apalagi jika Anda memasuki dunia kedokteran, nyawa pasien Anda yang dipertaruhkan! Jadi jangan hanya memilih jurusan berdasarkan nilai sekolah menengah Anda!

3. Sesuai dengan harapan orang tua

Sesuai harapan orang tua
Sumber: blogspot.com

Memilih orang tua Anda untuk membuat keputusan tentang pendidikan perguruan tinggi Anda, bahkan jika Anda tidak dapat membuat keputusan tentang jurusan, adalah salah satu hal yang mematikan. Mengapa, karena masa depan kuliah, pekerjaan, dan kehidupan adalah Anda.

Jika Anda masuk sekolah yang lebih tinggi sesuai dengan keinginan orang tua Anda, tetapi jika Anda tidak mampu mengatasi tekanan belajar dan bekerja, maka kegagalan akan siap menyambut Anda di masa depan.

Baca juga: Prospek pekerjaan untuk departemen akuntansi

Tips memilih jurusan di atas pada dasarnya adalah untuk mengetahui minat Anda dalam mencari ilmu dan menjalani kehidupan sehari-hari. Di antara tips di atas, tip terbaik dan paling tepat adalah mengetahui di bidang mana Anda bisa bekerja siang dan malam dengan hati senang.

Misalnya, jika Anda menyukai elektronik, Anda mungkin begadang semalaman mengerjakan perangkat elektronik, tetapi tetap bahagia dan bersemangat karena Anda telah memperoleh pengetahuan baru. Inilah yang bisa Anda gunakan sebagai tips memilih jurusan yang tepat.

Sumber foto: inspirasialfreak.com

Tidak ada komentar untuk "3 Tips Agar Tidak Salah dalam Memilih Jurusan"